Kabar Kami

SMA BOPKRI 2 YOGYAKARTA

PERTEMUAN ORANG TUA/WALI SISWA KELAS X SOSIALISASI PROGRAM SEKOLAH SMA BOPKRI 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2022/2023


Penilaian: 5 / 5

Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan Bintang
 

Setelah pelaksanaan agenda kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi siswa baru kelas X, 11-15 Juli lalu, agenda pada awal Tahun Ajaran Baru 2022/2023 bagi kelas X selanjutnya adalah Sosialisasi Program Sekolah kepada orang tua/wali siswa kelas X, yang dilaksanakan pada hari Jumat, 22 Juli 2021 pukul 10.00 -12.00 WIB bertempat di aula SMA BOPKRI 2 Yogyakarta. Pertemuan antara pihak sekolah dengan orang tua/wali siswa kelas X selain bertujuan untuk menjalin silaturahmi, juga untuk membangun sinergisitas antara orang tua/wali siswa dengan pihak sekolah dalam mengawal putra/putrinya selama 3 tahun ke depan sehingga dapat berhasil dalam menempuh pendidikan di SMA BOPKRI 2 Yogyakarta.

Adapun susunan acara dalam pertemuan tersebut adalah:

  1. Penayangan video profil sekolah
  2. Pembukaan
  3. Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya
  4. Doa Pembukaan
  5. Sambutan Kepala Sekolah
  6. Perkenalan Manajemen dan Wali Kelas
  7. Penyampaian Sosialisasi Program Sekolah
  8. Sosialisasi Pembayaran Uang Sekolah dari Bank Mandiri
  9. Penutup

Dalam pertemuan dengan orang tua/wali siswa kelas X, Kepala SMA BOPKRI 2 Yogyakarta Dr. Sri Sulastri, M.Pd. memaparkan beberapa materi berkaitan dengan: (1) Visi-Misi dan Motto sekolah, (2) Value Ke-BOPKRI-an, Multikultural, dan Profil Pelajar Pancasila, (3) Sistem pembelajaran di SMA BOPKRI 2 Yogyakarta, dan (4) Kegiatan pengembangan diri ekstrakurikuler.

Kaitannya dengan Visi dan Misi SMA BOPKRI 2 Yogyakarta disampaikan bahwa Visi: Mewujudkan sekolah yang berkarakter Ke-BOPKRI-an yang bertoleransi dalam kemajemukan, berwawasan lingkungan, budaya lokal,dan mampu berkompetensi secara global. Misi: Menyelenggarakan pendidikan menengah atas dengan mengembangkan nilai-nilai KE-BOPKRI-an dalam kemajemukan, mencintai budaya lokal, meningkatkan kemampuan di bidang akademik, dan non-akademik, berkompetensi secara nasional dan global. Nilai: Kasih, Integritas, dan Pelayanan yang Tulus. Motto: Being Good Being Smart.

Paparan materi nilai-nilai Ke-BOPKRI-an dan implementasinya mencakup penanaman nilai kasih, rasa tepo slira, mengasihi orang lain tanpa syarat, tenggang rasa, berempati terhadap sesama. Sedangkan nilai integritas adalah mampu menjadi diri sendiri, jujur, dan konsisten. Penanaman nilai pelayanan yang tulus dimaknai sebagai rasa ikhlas ketika memberi sesuatu/berbagi dan membantu orang lain. Sinergisitas peran orang tua dan sekolah sangat diharapkan untuk pembentukan karakter tersebut dalam diri para siswa dalam satu rumah pembelajaran SMA BOPKRI 2 Yogyakarta. Hal ini sejalan dengan program yang sudah dicanangkan pemerintah bahwa 60 % pembelajaran di sekolah adalah penanaman karakter.

Sinergisitas nilai-nilai Ke-BOPKRI-an tersebut diintegrasikan dengan Brand Sekolah Multikultural Indonesia (SMI) yang menjadi brand SMA BOPKRI 2 Yogyakarta. Sebagai Sekolah Multikultural Indonesia (SMI), SMA BOPKRI 2 Yogyakarta sangat concern dengan kebhinekaan dan keberbedaan, baik perbedaan suku, budaya, agama, fisik, status sosial, ekonomi, bakat dan minat, maupun  tingkat kecerdasan. Semua siswa akan mendapatkan pelayanan pendidikan dan hak yang sama di SMA BOPKRI 2 Yogyakarta.

Informasi yang disampaikan  mengenai sistem  pembelajaran di SMA BOPKRI 2 Yogyakarta mencakup kelas jurusan, klaster, Project-based Learning, dan outing class. Pembelajaran di SMA BOPKRI 2 Yogyakarta terbagi dalam 3 program studi yakni Ilmu Bahasa dan Budaya (IBB), Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

Beberapa mata pelajaran dikelompokkan dalam 4 klaster, yakni Klaster Bahasa (Bahasa Indonesia, Inggris, Jepang, Jawa), Klaster MIPA (Kimia, Fisika, Matematika, Biologi), Klaster IPS (PKN, Geografi, Sosiologi, Sejarah), dan Klaster Spiritualitas  (Agama, Seni Budaya, Olahraga, BK). Masing-masing klaster akan membuat proyek pembelajaran. Adapun Laboratorium alam Multicultural Study Centre (MSC) sebagai sarana  pembelajaran keterampilan sudah direalisasikan pembangunannya yang berlokasi di Prambanan Sleman.

Informasi lain yang disampaikan berkaitan dengan kegiatan ekstrakurikuler. Sekolah menekankan pentingnya kegiatan ini sebagai kegiatan wajib yang harus diikuti oleh siswa kelas X sebagai nilai pengembangan diri di Laporan Hasil Belajar (LHB)/rapor dan sebagai salah satu syarat kenaikan kelas bahwa nilai pengembangan diri minimal B. Usai paparan materi dari Kepala SMA BOPKRI 2 Yogyakarta, acara dilanjutkan dengan pemaparan dari perwakilan Bank Mandiri terkait tata cara online payment SPP melalui Bank Mandiri yang dapat dilakukan melalui jalur:

  1. Mandiri ATM
  2. Teller
  3. Livin Mandiri
  4. Bank lain

Kegiatan sosialisasi program sekolah dalam pertemuan orang tua/wali siswa kelas X Tahun Ajaran 2022/2023  diakhiri dengan doa penutup.

 

Tim Humas

-- Maria Rini --

 

 

 


© 2022 SMA BOPKRI 2 Yogyakarta. All Rights Reserved. Powered by Antefer