Kabar Kami

SMA BOPKRI 2 YOGYAKARTA

“KEMBANGKAN POTENSI DIRI, BENTUK KARAKTER KREATIF” LIVE IN SMA BOPKRI 2 YOGYAKARTA 2022


Penilaian: 5 / 5

Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan Bintang
 

Live in atau bakti masyarakat merupakan salah satu agenda kegiatan tahunan SMA BOPKRI 2 Yogyakarta, khususnya bagi siswa/ siswi kelas XI. Kegiatan ini dilaksanakan 17-21 Mei 2022 dengan mengambil tema “Kembangkan Potensi Diri, Bentuk Karakter kreatif”. Melalui kegiatan Live in ini, diharapkan para siswa dapat menggali dan mengembangkan potensi diri melalui berbagai kegiatan yang membentuk mereka menjadi pribadi yang kreatif. Pengembangan potensi diri dalam membentuk karakter kreatif ini diharapkan dapat berguna bagi kehidupan di masa depan dan dalam kehidupan bermasyarakat.

Di samping itu, kegiatan Live in atau bakti masyarakat ini juga berperan dalam pembentukan soft skill dengan implementasi nilai-nilai Ke-BOPKRI-an yang mampu membentuk karakter kasih (tepa selira), beritegritas, dan multikultural. Kegiatan Live in  ini juga memiliki beberapa tujuan, antara lain:

  1. Membantu siswa menggali, menumbuhkan dan mengembangkan potensi dirinya.
  2. Menanamkan nilai kepercayaan diri, keyakinan diri dan tanggung jawab.
  3. Menanamkan nilai-nilai Ke-BOPKRI-an dan multikultural sehingga menjadi pribadi dengan karakter baik dan karakter kreatif yang berguna bagi dirinya, keluarga maupun masyarakat
  4. Menumbuhkan rasa bangga dan cinta terhadap sekolah.
  5. Melatih kepekaan/ responsif terhadap situasi yang siswa hadapi.

Live in atau bakti masyarakat SMA BOPKRI 2 Yogyakarta selama masa pandemi ini, dilaksanakan sedikit berbeda dengan Live in tahun-tahun sebelumnya. Pada Live in  masa pandemi  ini,  para siswa berkelompok kemudian mencari  sendiri lokasi  untuk tempat pelayanan mereka. Sebelum diterjunkan ke masyarakat, Tim Kesiswaan beserta Guru Pendamping Lapangan (GPL) telah memberikan pembekalan Live in kepada para siswa. Pembekalan ini merupakan rangkaian tahap selanjutnya setelah rangkaian sebelumnya yakni pembentukan kelompok, mencari lokasi, dan memberikan surat pengantar dari sekolah kepada pihak pengelola lokasi Live in. Pembekalan ini  bertujuan untuk memberikan penjelasan ataupun gambaran kegiatan kepada para siswa, juga pemahaman mengenai arah dan tujuan Live in sehingga para siswa siap diterjunkan ke masyarakat.

Gambaran umum kegiatan Live in, diawali dengan pembentukan kelompok siswa  dengan jumlah anggota kelompok maksimal 5 orang, sehingga diperoleh 22 kelompok. Setiap kelompok melakukan survey dan mencari  lokasi Live in yang sesuai dengan minat dan potensi siswa. Lokasi Live in difokuskan pada tempat-tempat yang sinergi dengan nilai-nilai multikultural dan bersifat pelayanan. Lokasi Live in yang menjadi tempat pelayanan antara lain panti asuhan, panti wreda, tempat ibadah, kantor/instansi, Day care and preschool, industri rumah tangga, dan lain-lain. Setelah kelompok Live in menentukan lokasi, mereka melaporkan kepada Guru Pendamping Lapangan (GPL) untuk dibuatkan surat pengantar yang akan diberikan kepada pengelola atau pemilik tempat tersebut. Kegiatan Live in dilaksanakan selama 5 hari dan tidak harus menginap di lokasi.

Selama 5 hari, para siswa didampingi oleh Guru Pendamping Lapangan (GPL) yang sudah ditunjuk. Hari pertama, para siswa akan diantar oleh GPL untuk dilakukan penyerahan kepada pengelola, dilanjutkan dengan para siswa berkegiatan di lokasi. Setelah selesai berkegiatan, para siswa diwajibkan untuk menuliskan refleksi dan mengupload foto saat berkegiatan. Refleksi bertujuan agar para siswa mampu mengekspresikan kesan, mengambil hikmah maupun nilai-nilai setelah melaksanakan kegiatan.

Pada hari terakhir, Guru Pendamping Lapangan (GPL) melakukan penarikan siswa Live in dari lokasi dan berpamitan. Setelah selesai pelaksanaan Live in,para siswa masih melengkapi tugas dengan membuat laporan dalam bentuk makalah,membuat video dokumentasi berupa video kegiatan selama pelaksanaan Live in, video tersebut selanjutnya dirangkai dalam durasi maksimal 3 menit, kemudian dipresentasikan kepada GPL untuk dinilai kelayakannya, sehingga dapat diunggah ke sosial media peserta Live in. Peserta wajib tag social media SMA BOPKRI 2 Yogyakarta.

Kegiatan Live in SMA BOPKRI 2 Yogyakarta tahun 2022 telah terlaksana dengan baik. Semoga dengan berakhirnya kegiatan ini, para siswa dapat mengambil manfaat serta nilai-nilai selama terjun langsung di masyarakat.

Terima kasih atas kerja sama berbagai pihak yang telah mendukung kegiatan Live in ini, kiranya kerjasama  dengan berbagai pihak ini dapat dilanjutkan lagi dalam kesempatan-kesempatan yang lain.

 

   Tim Humas

---Maria Rini---


© 2022 SMA BOPKRI 2 Yogyakarta. All Rights Reserved. Powered by Antefer