Kabar Kami

SMA BOPKRI 2 YOGYAKARTA

PELAKSANAAN ASESMEN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER (ANBK) 2022 SMA BOPKRI 2 YOGYAKARTA


Penilaian: 5 / 5

Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan Bintang
 

Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, (Kemendikbudristek) untuk jenjang SMA dilaksanakan 31 Agustus sampai dengan 1 September 2022. Asesmen Nasional adalah evaluasi untuk pemetaan mutu sistem pendidikan. ANBK mengevaluasi sistem pendidikan secara keseluruhan. Sebuah evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah guna meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses, dan output pembelajaran pada tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah.

Beberapa agenda kegiatan yang dilaksanakan di SMA BOPKRI 2 Yogyakarta sebelum pelaksanaan ANBK antara lain Simulasi ANBK pada 11 Agustus 2022, Gladi Bersih ANBK pada 24 Agustus 2022, dan Try-Out bersama Lembaga Bimbingan Belajar Eduprime pada 26 Agustus 2022. ANBK SMA BOPKRI 2 Yogyakarta dilaksanakan pada 31 Agustus 2022 hingga 1 September 2022 diikuti oleh 46 siswa/siswi kelas XI, yang dipilih secara acak oleh Kemendibudristek. Pelaksanaan ANBK di SMA BOPKRI 2 Yogyakarta terbagi dalam 2 ruang dan 2 sesi. Sebelum memasuki ruang ujian (ruang TIK), para siswa terlebih dahulu memasuki ruang transit  guna persiapan dan penjelasan.

Tiga aspek yang diujikan dalam ANBK yakni Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), survei karakter, dan survei lingkungan belajar. AKM digunakan untuk mengukur capaian peserta didik dari hasil belajar kognitif berkenaan dengan literasi dan numerasi. Survei karakter untuk mengukur capaian peserta didik dari hasil belajar sosial-emosional untuk mencetak peserta didik sesuai dengan prinsip Profil Pelajar Pancasila. Dalam instrumen ini, siswa akan diukur melalui enam karakter Profil Pelajar Pancasila yakni berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong-royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. Survei Lingkungan Belajar, digunakan sebagai bahan untuk mengevaluasi dan memetakan aspek pendukung kualitas pembelajaran di lingkungan sekolah. Pelaksanaan ANBK di SMA BOPKRI 2 Yogyakarta berjalan dengan baik dan lancar.

Tim Humas

 _Maria Rini_

 

 


© 2023 SMA BOPKRI 2 Yogyakarta. All Rights Reserved. Powered by Antefer