Kabar Kami

SMA BOPKRI 2 YOGYAKARTA

UPACARA PERINGATAN HARI ULANG TAHUN  KE-77 REPUBLIK INDONESIA DI SMA BOPKRI 2 YOGYAKARTA


Penilaian: 5 / 5

Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan Bintang
 

Rabu, 17 Agustus 2022, SMA BOPKRI 2 Yogyakarta melaksanakan upacara memperingati HUT ke-77 Republik Indonesia. Upacara yang berlangsung di halaman SMA BOPKRI 2 Yogyakarta diikuti oleh seluruh warga sekolah mulai dari kepala sekolah, guru, karyawan, siswa, serta mahasiswa PLP-PP Universitas Sanata Dharma dan Universitas Kristen Immanuel Yogyakarta. Seluruh peserta upacara mengenakan pakaian seragam lengkap. Upacara dimulai pukul 07.30 WIB dengan inspektur upacara Kepala SMA BOPKRI 2 Yogyakarta, Dr. Sri Sulastri, M.Pd.

Upacara dilaksanakan dengan pengibaran bendera merah putih, mengheningkan cipta, pembacaan teks Pancasila, pembacaan teks Proklamasi, pembacaan naskah Pembukaan UUD 1945, dilanjutkan dengan pembacaan sambutan Gubernur DIY, pembacaan doa serta menyanyikan lagu nasional. Dalam amanat upacara, Kepala SMA BOPKRI 2 Yogyakarta, Dr. Sri Sulastri, M.Pd. membacakan sambutan tertulis Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X. Dalam amanat tertulisnya, Sultan mengingatkan menjadi tugas bersama untuk mengisi dan memanfaatkan kemerdekaan, terutama dengan upaya terbaik sesuai peran masing-masing. Meski sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19, semua elemen bangsa harus bersinergi dan bergotong royong untuk mewujudkan harapan. Hal ini selaras dengan tema peringatan Proklamasi Kemerdekaan tahun ini “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat.”

Dalam memaknai HUT ke-77 RI, haruslah merefleksikan nilai-nilai Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika yang mempersatukan Indonesia. Keunikan bangsa dalam keberagaman justru menjadi perekat yang memperkuat jati diri bangsa. Bahkan kekhasan budaya lokal yang dapat dikembangkan menjadi kearifan lokal hendaknya dapat diberdayakan guna menampung segala kemajemukan itu, sekaligus memperteguh semangat persatuan Indonesia. Upacara diakhiri dengan pembacaan doa untuk mendoakan negara Republik Indonesia agar lebih maju dan unggul dalam berbagai bidang serta memperkuat rasa persatuan dan kesatuan.

Upacara peringatan HUT ke-77 RI berlangsung tertib dan khidmat. Sebanyak 24 pasukan pengibar bendera (Paskibra) dari anggota Tonti SMA BOPKRI 2 Yogyakarta telah menjalankan tugas dengan baik.

Dalam kesempatan ini pula, dilaksanakan penyerahan sertifikat piagam penghargaan beasiswa pendidikan kepada siswa/siswi SMA BOPKRI 2 Yogyakarta yang berprestasi menduduki rangking paralel 1, 2, dan 3 di setiap jenjang dan jurusan, serta pengumuman dan penyerahan hadiah lomba dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 RI.

Upacara peringatan HUT ke-77 RI yang masih dalam situasi pandemi menjadi refleksi agar semua elemen bersinergi, bergotong-royong, untuk pulih dan bangkit. Dirgahayu Republik Indonesia, Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat!

 

Tim Humas

_Maria Rini_

 


© 2023 SMA BOPKRI 2 Yogyakarta. All Rights Reserved. Powered by Antefer