Kabar Kami

SMA BOPKRI 2 YOGYAKARTA

ZOOM MEETING PERTEMUAN ORANG TUA / WALI SISWA SOSIALISASI PROGRAM SEKOLAH DAN PTMT 100 PERSEN SMA BOPKRI 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2021/2022


Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Memasuki pembelajaran awal semester genap Tahun Ajaran 2021/2022, Kepala  SMA BOPKRI 2 Yogyakarta, Dr. Sri Sulastri, M.Pd. mengadakan pertemuan orang tua/wali siswa kelas X, XI dan XII secara virtual melalui zoom meeting pada Kamis, 6 Januari, Jumat 7 Januari dan Senin, 10 Januari 2022, pukul 09.00 - 10.00 WIB, dengan agenda Sosialisasi Program Sekolah dan Persiapan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas 100 Persen.

Tujuan pertemuan antara pihak sekolah dengan orang tua/wali siswa  adalah menjalin komunikasi positif dengan pihak orang tua, tersampaikannya program sekolah, sosialisasi PTMT 100 persen, serta  membangun sinergisitas antara sekolah dengan orang tua/wali siswa  dalam pendampingan putra/putrinya selama belajar di SMA BOPKRI 2 Yogyakarta sehingga bisa berhasil dalam menempuh pendidikan di SMA BOPKRI 2 Yogyakarta.

Adapun susunan acara dalam pertemuan tersebut antara lain:

  1. penayangan video profil sekolah
  2. salam pembuka dan doa pembukaan
  3. sosialisasi program sekolah
  4. sesi tanya-jawab
  5. penutup dan doa penutup.

Dalam zoom meeting tersebut, Kepala SMA BOPKRI 2 Yogyakarta mempresentasikan beberapa materi berkaitan dengan: (1) Visi dan Misi Sekolah; Nilai dan Motto Sekolah; (2) Pemantapan Project-based Learning; (3) Kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM); (4) Informasi Kegiatan Pembelajaran Tatap Muka 100 Persen di SMA BOPKRI 2 Yogyakarta di Semester Genap; serta (5) Informasi Akademik dan Agenda Kegiatan Sekolah Semester Genap.

Berkaitan dengan Visi dan Misi SMA BOPKRI 2 Yogyakarta disampaikan bahwa visi: mewujudkan sekolah yang berkarakter Ke-BOPKRI-an yang bertoleransi dalam kemajemukan, berwawasan lingkungan, budaya lokal, dan mampu berkompetensi secara global. Misi: Menyelenggarakan pendidikan menengah atas dengan mengembangkan nilai-nilai Ke-BOPKRI-an dalam kemajemukan, mencintai budaya lokal, meningkatkan kemampuan di bidang akademik dan non-akademik, berkompetisi secara nasional dan global. Nilai: Kasih, Integritas, dan Pelayanan yang Tulus. Motto: Being Good, Being Smart. Mewujudkan manusia yang baik, manusia yang berkarakter dan kemudian menjadi manusia yang cerdas, tangguh dalam menghadapi tantangan kehidupan.

Informasi yang disampaikan mengenai sistem/model pembelajaran di SMA BOPKRI 2 Yogyakarta mencakup pemantapan model pembelajaran Project-based Learning dengan integrasi beberapa mata pelajaran untuk project pembelajaran. Siswa belajar secara konsep dan praktik, sedangkan hasil pembelajaran akan dinilai secara bersama oleh guru yang terintegrasi dalam mapel tersebut. Fungsi guru dalam Project-based Learning yaitu sebagai fasilitator yang mendampingi siswa berproses sehingga siswa dapat menggali pengetahuannnya dan menemukan hasil pembelajaran. Hal tersebut dilakukan pada Klaster Bahasa, Klaster MIPA, Klaster IPS, dan Klaster Spiritualitas.

Di samping itu, siswa juga harus memiliki pengalaman belajar secara langsung dengan cara berinteraksi langsung terhadap media pembelajarannya, misalnya alam, ataupun masyarakat. Oleh sebab itu, SMA BOPKRI 2 Yogyakarta juga merancang pembelajaran langsung dengan menyediakan laboratorium alam sebagai media belajar langsung di alam. Siswa tidak terbatas belajar di ruang kelas, namun dapat praktik langsung dan menjawab setiap keingintahuan tentang alam dan segala isinya, serta membentuk siswa untuk lebih mencintai dan peduli terhadap alam.

Dengan demikian, dirumuskan bahwa fokus pembelajaran di kelas X, XI, dan XII adalah sebagai berikut: pembelajaran di Kelas X ditekankan pada logika, konsep (basic knowledge), dan literasi; pembelajaran di Kelas XI ditekankan pada kegiatan praktik dan pengalam belajar; dan di Kelas XII pembelajaran diisi dengan pemantapan dan review materi kelas X dan XI.

Paparan materi selanjutnya adalah tentang informasi pembelajaran tatap muka terbatas 100 persen di semester genap. Memasuki pembelajaran semester genap ini, SMA BOPKRI 2 Yogyakarta telah memenuhi kriteria untuk menyelenggarakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas 100 Persen. Capaian vaksinasi dosis 2 dan vaksinasi lanjutan (booster) tenaga pendidik dan kependidikan SMA BOPKRI 2 Yogyakarta telah mencapai 100%, sedangkan capaian vaksinasi dosis 2 bagi peserta didik sudah di atas 90%. Di samping itu, SMA BOPKRI 2 Yogyakarta juga memiliki Satgas Covid-19 yang bertugas mengawasi dan memantau aktivitas dan penerapan protokol kesehatan di lingkungan sekolah, dimulai saat siswa hadir, saat pembelajaran, dan saat pulang sekolah.

Informasi lain yang disampaikan dalam zoom meeting dengan orang tua/wali siswa adalah informasi akademik dan program kegiatan di semester genap. Informasi bidang akademik/kurikulum meliputi pelaksanaan Tryout UTBK-SBMPTN tahap 3, 4, dan 5. TPHBS, USEK, Project Integrasi, Outing Class, PB, PAS, dan penerimaan LHB. Informasi agenda kegiatan bidang kesiswaan meliputi kegiatan bina rohani (penguatan spiritualitas siswa), pembentukan pengurus OSIS, LDK, Dianpinsat Pramuka, Perkemahan DA, Live In, simulasi mandiri SPAB DIY, kemah tempa akhir tahun, kemah Mahakosta, kunjungan ke rumah ibadah, class meeting, perayaan hari Paskah, perayaan hari Kartini, agenda kegiatan bertajuk HOME (Hari Orang Tua Menginspirasi) dan tutup tahun. Pelaksanaan agenda-agenda kegiatan tersebut menyesuaikan dengan situasi dan kondisi, mengingat saat ini pandemi Covid-19 masih terjadi.

Kegiatan zoom meeting Kepala SMA BOPKRI 2 Yogyakarta dengan orang tua/wali siswa dilanjutkan dengan sesi tanya-jawab dan diakhiri dengan doa penutup.

 

Tim Humas

--Maria Rini--

 


© 2022 SMA BOPKRI 2 Yogyakarta. All Rights Reserved. Powered by Antefer