Kabar Kami

SMA BOPKRI 2 YOGYAKARTA

PELAKSANAAN UJIAN PRAKTIK SEKOLAH SMA BOPKRI 2 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2022 / 2023


Penilaian: 5 / 5

Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan Bintang
 

Ujian praktik merupakan bagian dari seluruh rangkaian ujian sekolah yang digunakan untuk menilai kompetensi peserta didik pada suatu mata pelajaran yang diujikan. Ujian praktik juga merupakan rangkaian dari ujian akhir siswa kelas XII yang wajib ditempuh dan harus dipersiapkan dengan baik oleh siswa karena memiliki andil dalam penentuan kelulusan. Ujian praktik bagi siswa/siswi kelas XII diselenggarakan selama bulan Februari 2023 sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Adapun mata pelajaran yang disertakan dalam ujian praktik ini antara lain  Bahasa Indonesia, Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa dan Sastra Inggris, Bahasa dan Sastra Jepang, Bahasa Jawa, PKWU, Seni Budaya, Agama, Penjasorkes, Fisika, Kimia, dan Biologi.

Materi ujian praktik mata pelajaran Bahasa Indonesia yaitu kegiatan berpidato. Dimulai dengan memilih topik, menulis naskah dan praktik berpidato. Kompetensi yang dipraktikkan dalam mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (Peminatan) adalah menulis dan berbicara yakni menulis puisi dengan tema yang ditentukan melalui undian, serta praktik membaca puisi. Adapun ujian praktik Bahasa Jawa yaitu nembang macapat Sinom yang diambil dari salah satu pupuh Serat Kalatidha karya Ronggowarsito dengan menggunakan baju kejawen gagrag Yogyakarta dan juga melakukan lampah dhodhok ketika menuju panggung tempat ujian.

Mata pelajaran Bahasa dan Sastra Jepang mengambil materi ujian praktik yang sudah dipelajari selama 3 tahun sejak Kelas X meliputi topik Aku Sebagai Pribadi (kota tempat tinggal, kesukaan, kemampuan, gambaran diri, dan lain-lain), Keluargaku, Sekolahku (pelajaran dan gurunya), Kegiatan Sehari-Hari, Pengalaman Wisataku, dan Peristiwa yang Pernah Dialami. Pada mata pelajaran Bahasa Jepang ini, siswa diminta untuk menulis (mengarang) lalu menceritakan kepada orang lain. Selain itu, menemukan informasi dari wacana yang dibuat teman lain, siswa juga harus memberikan kesan dan komentar.

Untuk ujian praktik Bahasa Inggris Wajib, siswa menyampaikan procedure text terkait manuals of technology atau tips. Harapannya siswa dapat membantu memberikan informasi yang berguna bagi orang lain (khususnya teman di kelasnya) terkait langkah-langkah penggunaan atau pemanfaatan teknologi dan tips/kiat-kiat khusus yang terkait dengan penyelesaian masalah yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari secara kontekstual.

Sedangkan ujian praktik Bahasa & Sastra Inggris (Peminatan) siswa menyampaikan review of art work ulasan terkait karya seni baik itu film, lagu, lukisan, novel, dan lain-lain. Diharapkan siswa dapat menyampaikan review & apresiasi terhadap karya seni (bersumber bahasa Inggris), menyampaikan isi karya seni yang diulas, memberikan penilaian terhadap karya seni tersebut dan memberikan rekomendasi bagi orang lain terhadap karya seni tersebut.

Pementasan musik kontemporer secara berkelompok di aula merupakan bentuk ujian praktik Seni Budaya. Para siswa harus menampilkan kreativitas seni terbaik mereka. Ujian praktik PKWu materi yang diujikan yaitu wirausaha produk kerajinan untuk Pasar Global dengan tema Ecoprint Teknik Pounding. Kain hasil Ecoprint ini dijadikan produk yang memiliki fungsi guna seperti tote bag, taplak meja, ataupun sarung bantal.  Adapun ujian praktik Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, terdapat 4 cabang olahraga yang harus dipraktikkan siswa: (1) bola besar (bola voli dan bola basket); (2) bola kecil; (3) kebugaran jasmani (push up dan sitp up); serta (4) senam irama (siswa membuat koreografi gerakan sendiri dan modifikasi musik dari beberapa lagu).

Ujian praktik Pendidikan Agama diambil dari keseharian siswa yaitu memimpin doa dan membaca firman secara bergantian. Kelak siswa diharapkan akan menjadi  seorang pemimpin di masa depan, dimulai dengan belajar memimpin doa Sesuai dengan agama masing-masing, dilanjutkan dengan  presentasi tentang keberagaman.

Selanjutnya ujian praktik kelompok jurusan IPA (Peminatan) Biologi, Kimia, dan Fisika. Mata pelajaran Biologi, kompetensi yang diujikan berkaitan dengan materi Fotosintesis, Enzim Katalaze, dan Respirasi Aerob. Dalam ujian praktik Kimia terdapat 5 macam praktik yang harus dikerjakan siswa yaitu elektrolisis, tekanan osmisis, penghitung kalor pada makanan, titrasi asam dan basa dan penentuan orde reaksi/laju reaksi. Sedangkan materi ujian praktik mata pelajaran Fisika meliputi pengukuran panjang, Hukum Azas Black, penjumlahan vektor, ayunan matematis dan rangkaian listrik.

Di samping melaksanakan ujian praktik, siswa kelas XII jurusan IPA/ IPS/ IBB  juga melaksanakan penilaian psikomotorik/penilaian ketrampilan untuk mata pelajaran Sejarah dengan menampilkan pameran bertajuk “History Exhibition 2023.” Exhibition wajib ditampilkan oleh masing-masing kelas dengan tema yang berbeda, bertempat di ruang multikultural. Tena pameran meliputi permainan anak pada tahun 1990-2000-an, Sejarah Pemilu tahun 1990-2000-an, Sejarah Industri Musik, Sejarah Alat Komunikasi, dan Sejarah Alat Dapur.

Serangkaian ujian praktik telah dilaksanakan oleh para siswa kelas XII dengan baik. Satu tahapan ujian telah dilalui, berikutnya para siswa akan mempersiapkan diri untuk ujian sekolah tertulis yang dijadwalkan pada tanggal  27 Maret hingga 3 April 2023.

Selamat berjuang, karena kesuksesan butuh perjuangan! Suatu hari nanti, kerja keras dan perjuanganmu akan membuahkan hasil. Tetap semangat!

 

Tim Humas

-- Maria Rini --


Copyright © 2024 SMA BOPKRI 2 Yogyakarta. All Rights Reserved. By Antefer.web.id