Kabar Kami

SMA BOPKRI 2 YOGYAKARTA

YAYASAN BOPKRI YOGYAKARTA MENGGELAR ACARA BERTAJUK BOPKRI EXPO 2023: “DEVELOP YOUR TALENTS”


Penilaian: 5 / 5

Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan Bintang
 

Yayasan BOPKRI Yogyakarta baru saja selesai menyelenggarakan acara bertajuk BOPKRI EXPO dengan mengangkat tema “Develop Your Talents.” Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 20 hingga 22 Januari 2023 bertempat di Lower Ground Galeria Mall Yogyakarta. Jenis kegiatan dalam acara ini meliputi gelar pendidikan, lomba, pertunjukan seni, dan bincang BOPKRI.

Gelar Pendidikan dalam acara BOPKRI EXPO ini diikuti oleh sekolah-sekolah di bawah naungan Yayasan BOPKRI. Masing-masing sekolah disediakan stand atau booth oleh panitia untuk menampilkan infografis sekolah dan hal-hal yang berhubungan dengan karakter masing-masing sekolah dalam bidang akademik maupun non-akademik. Selain itu, para pengunjung juga dapat bermain mini games, seperti yang disediakan oleh panitia stand SMA BOPKRI 2 Yogyakarta. Di sini pengunjung dapat bermain alegebra, e-gamelan bahkan bermain mobile legends menggunakan smart TV. Bagi pengunjung yang beruntung mendapatkan hadiah berupa pulpen, majalah, hingga tumbler. Sedangkan bagi pengunjung yang tidak bermain games mendapatkan stiker SMA BOPKRI 2 Yogyakarta. Di samping itu, para pengunjung juga dapat bertanya terkait dengan PPDB SMA BOPKRI 2 Yogyakarta TA 2023/2024.

Acara BOPKRI EXPO dibuka pada Jumat, 20 Januari 2023 melalui prosesi pemukulan gong oleh Ir. Obed Tripambudi selaku Ketua Yayasan BOPKRI Yogyakarta dan Shinta Mawarwati, S.E. selaku Ketua Panitia. Acara kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan surat perjanjian kerja sama pelayanan kesehatan oleh dr. Purwoadi Sudjatno, Sp.PD, FINASIM, MPH dan Dr. Sri Sulastri, M.Pd. selaku Kepala SMA BOPKRI 2 Yogyakarta. Dilanjutkan dengan penandatanganan serah terima bantuan berupa peralatan kesehatan dari Yayasan BOPKRI kepada Rumah Sakit Bethesda Wonosari yang dilakukan oleh Ir. Obed Tripambudi dan dr. Edi Wibowo, Sp.M., MPH.

Acara dilanjutkan dengan pertunjukan seni dari sekolah-sekolah di bawah naungan Yayasan BOPKRI meliputi Tari Kupu-Kupu TK BOPKRI Jatimulyo, Dance Putra dan Putri TK BOPKRI Pelangi, Tari Sluku Batok TK BOPKRI Gondolayu, Tari Nyawiji Putri TK BOPKRI Gondokusuman, Paduan Suara SD BOPKRI Pelangi, pertunjukan angklung SD BOPKRI Minggir, dan Tari Ganongan SMP BOPKRI Wonosari.

Pukul 14.30 WIB dilaksanakan lomba Dance kategori SD dan SMP. Pada pertengahan lomba, hadir secara khusus Bapak H. Ganjar Pranowo, S.H., M.I.P., Gubernur Provinsi Jawa Tengah yang juga merupakan alumni sekolah di bawah naungan Yayasan BOPKRI. Pada kesempatan ini beliau menyampaikan kesan dan pesan selama bersekolah di BOPKRI dan juga terhadap penyelenggaraan kegiatan BOPKRI EXPO.

Acara dilanjutkan dengan pertunjukan seni meliputi Tari Wonderland SMP BOPKRI 3 Yogyakarta, Delumine Dance SMA BOPKRI 2 Yogyakarta, dan penampilan akustik SMK BOPKRI 1 Yogyakarta. Acara hari pertama ditutup dengan pengumuman pemenang lomba Dance kategori SD dan SMP.

BOPKRI EXPO hari kedua, Sabtu, 21 Januari 2023 dibuka dengan pertunjukan piano dan solo song dari SMP BOPKRI 1 Yogyakarta. Dilanjutkan acara inti yaitu Bincang BOPKRI yang dibuka oleh pembawa acara yaitu Ita Hermayanti Apsari, S.Pd. Bertindak sebagai moderator yaitu Drs. Purnawan Hardiyanto, M.ec.Dev. dengan narasumber GKR Mangkubumi dan Prof. DR. Suroso, M.Pd. Pada sesi tanya jawab, lima pengunjung yang menyampaikan pertanyaan mendapat merchandise.

Selain Bincang BOPKRI, acara lainnya pada hari kedua yaitu pelaksanaan lomba Fashion Show kategori TK, SD, dan SMP serta pertunjukan tari dari SD BOPKRI Karangwaru meliputi Tari Bungong Jumpa dan Tari Jaranan. Dilanjutkan dengan pertunjukan solo song dari SD BOPKRI Wirobrajan dan pertunjukan biola serta perkusi dari SD BOPKRI Gondolayu.

BOPKRI EXPO hari terakhir, Minggu, 22 Januari 2023 dibuka dengan pertunjukan Tari Pelajar Pancasila TK BOPKRI Wirobrajan, Tari Ganongan SD BOPKRI Wonosari, pertunjukan angklung serta solo song dari SD BOPKRI Sidomulyo 1. Acara selanjutnya yaitu pelaksanaan lomba Mewarnai kategori TK dan Menggambar kategori SD.

Sembari menunggu pengumuman pemenang lomba mewarnai dan menggambar, para pengunjung disuguhkan dengan pertunjukan seni meliputi vocal group SMA BOPKRI Banguntapan, Tari Holobis Kuntul Baris SMK BOPKRI 2 Yogyakarta, penampilan dance SMK BOPKRI 1 Yogyakarta, serta vocal group dari SMA BOPKRI 1 Yogyakarta. Acara ditutup dengan pengumuman pemenang lomba mewarnai dan menggambar. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan vendel kepada tim manajemen Galeria Mall Yogyakarta.

BOPKRI EXPO memang telah usai, namun Yayasan BOPKRI tidak akan pernah berhenti untuk semakin berkarya. Kiranya melalui acara ini, sekolah-sekolah di bawah naungan Yayasan BOPKRI menjadi lebih dikenal oleh masyarakat luas. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi sarana bagi siswa/siswi sekolah lain untuk mengembangkan bakat dan potensi diri. Selamat berkarya!

-- Tim Humas --


Copyright © 2024 SMA BOPKRI 2 Yogyakarta. All Rights Reserved. By Antefer.web.id