Kabar Kami

SMA BOPKRI 2 YOGYAKARTA

SMA BOPKRI 2 YOGYAKARTA GELAR TRY OUT UTBK SNBT BAGI SISWA KELAS XII


Penilaian: 5 / 5

Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan Bintang
 

Tak terasa SNBT tinggal sebentar lagi. Dalam rangka menyiapkan siswa-siswi kelas XII dalam SNBT (Seleksi Nasional Berbasis Tes) tahun ini, SMA BOPKRI 2 Yogyakarta menyelenggarakan Try out SNBT bekerja sama dengan Lembaga Bimbingan Belajar Eduprime. Kegiatan ini diikuti oleh 110 siswa kelas XII dari program IBB, MIPA, dan IPS dan terlaksana dengan lancar pada 12 dan 13 Januari 2023 secara daring.

Kegiatan try out ini secara khusus ditujukan untuk mengenalkan siswa terhadap jenis-jenis subtes SNBT, mengukur kemampuan siswa, membantu siswa dalam mempersiapkan diri mengikuti SNBT, dan memberikan gambaran analisis hasil perguruan tinggi dan program studi yang sesuai dengan kemampuan siswa.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan try out dibagi menjadi dua sesi. Pada hari pertama, sesi pertama dilaksanakan pada pukul 09.00 – 12.00 WIB dan sesi kedua pada pukul 12.15 – 15.15 WIB. Sedangkan pada hari kedua, sesi pertama dimulai pada pukul 08.00 – 11.00 dan sesi kedua pada pukul 11.00 – 14.00 WIB. Metode try out dilaksanakan berbasis computer atau UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer). Try out dilaksanakan di Ruang TIK 1 dan 2 SMA BOPKRI 2 Yogyakarta.

Materi try out SNBT mencakup dua tipe soal yaitu TPS (Tes Potensi Skolastik) dan Tes Literasi. TPS mencakup Kemampuan Penalaran Umum, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis, serta Pengetahuan Kuantitatif. Sedangkan, Tes Literasi terdiri dari Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, serta Penalaran Matematika. Total terdapat 7 subtes yang diujikan. Hal ini sesuai dengan subtes materi yang disampaikan oleh Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan.

Dalam kegiatan ini, Eduprime menyediakan platform asesmen try out SNBT. Pertama, para siswa mengakses laman website Eduprime, kemudian login dengan menggunakan username dan password yang sudah diberikan. Kedua, siswa mengerjakan 7 subtes SNBT. Selanjutnya, mereka memilih perguruan tinggi dan program studi yang diinginkan. Setelah selesai mengerjakan soal, siswa dapat melihat hasil analisis dari platform tersebut apakah hasil try out yang mereka peroleh cukup untuk masuk ke perguruan tinggi dan program studi tersebut. Selain itu, melalui platform tersebut, siswa juga diberikan alternatif perguruan tinggi dan program studi lainnya yang disesuaikan dengan hasil try out.

Diharapkan melalui kegiatan try out ini, siswa-siswi kelas XII dapat lebih siap dalam menyongsong SNBT tahun ini dan selanjutnya dapat lolos serta masuk ke perguruan tinggi dan program studi yang diinginkan. Mari kita doakan! Salam Multikultural.

 

Tim Humas: _Ges_

 


Copyright © 2024 SMA BOPKRI 2 Yogyakarta. All Rights Reserved. By Antefer.web.id