Kabar Kami

SMA BOPKRI 2 YOGYAKARTA

WORKSHOP VISIONING VISI DAN MISI SMA BOPKRI 2 YOGYAKARTA 2022


Penilaian: 5 / 5

Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan Bintang
 

Dalam sebuah lembaga ataupun organisasi, visi dan misi menjadi sesuatu yang penting. Visi merupakan cita-cita jangka panjang dan berorientasi pada masa depan. Misi adalah penjabaran atau langkah-langkah yang akan dilakukan untuk mewujudkan visi tersebut. Visi dan misi digunakan agar dalam operasionalnya bergerak pada track yang diamanatkan oleh stakeholder dan berharap mampu mencapai kondisi yang diinginkan di masa yang akan datang sebagai perwujudan dari tujuan. Visi dan misi berfungsi memberikan standar kerja untuk mencapai tujuan, dan menjadi indikator kearah mana lembaga bergerak untuk mengaktualisasikan tujuannya.

Dalam rangka lebih memantapkan dalam mewujudkan visi dan misi, SMA BOPKRI 2 Yogyakarta menyelenggarakan “Workshop Visioning Visi dan Misi SMA BOPKRI 2 Yogyakarta” pada Sabtu, 1 Oktober 2022. Workshop  diikuti oleh 14 orang terdiri dari Waka Kesiswaan dan Staf, Waka Kurikulum dan Staf, Kepala TU, Koordinator Humas dan Tim Humas. 

Kegiatan yang berlangsung di aula SMA BOPKRI 2 Yogyakarta, pukul 08.00-17.00 WIB, diisi oleh narasumber dari Yayasan SHEEP Indonesia Bapak Wahyu, Kak Neno dan Kak Andi. Disamping itu, narasumber yang lain adalah Kepala SMA BOPKRI 2 Yogyakarta, Dr. Sri Sulastri, M.Pd., serta Ketua Yayasan BOPKRI Bidang SDM, Andreas Subiyono.

Agenda kegiatan workshop diawali dengan menyapa melalui perkenalan pribadi, dilanjutkan dengan aktivitas menggali potensi diri, dimulai dengan menggambar simbol hati nurani, dan menuliskan hal positif diri sendiri yang mencerminkan karakter atau kepribadian masing-masing, serta menggali potensi-potensi yang masih terpendam. Aktivitas selanjutnya saling berpasangan sharing tentang pencapaian terbesar dalam hidup baik dalam pekerjaan maupun dalam keluarga.

Sesi berikutnya adalah pemaparan materi seputar Visi dan Misi Sekolah, value / nilai-nilai ke-BOPKRI-an serta nilai-nilai multikultural, dilanjutkan dengan diskusi kelompok merumuskan indikator pencapaian nilai-nilai ke-BOPKRI-an dan nilai-nilai multikultural. Melalui indikator-indikator yang dirumuskan ini, diharapkan lulusan SMA BOPKRI 2 Yogyakarta memiliki perilaku atau berkarakter baik, cerdas dan tangguh sebagai hasil proses pendidikan di SMA BOPKRI 2 Yogyakarta, Sekolah Multikultural Indonesia. Hal ini selaras dengan Visi SMA BOPKRI 2 Yogyakarta yakni “Menjadi sekolah yang berkarakter ke-BOPKRI-an, dan multikultural untuk mewujudkan manusia yang cerdas, nasionalis, dan mampu berkompetisi secara global,” serta  Misi SMA BOPKRI 2 Yogyakarta “Menyelenggarakan pendidikan dengan menanamkan nilai-nilai ke-BOPKRI-an dan Multikultural menjadi manusia cerdas dan nasionalis.” Nilai Ke-BOPKRI-an Kasih dimaknai sebagai tepa slira atau tenggang rasa. Integritas, konsisten terhadap apa yang dipikirkan, dilakukan, dan jujur serta Pelayanan yang Tulus (Ikhlas), tidak mengukur imbalan, praktik kerja dilakukan dengan ketulusan, hendaklah menjiwai setiap pribadi SMA BOPKRI 2 Yogyakarta dan diimplementasikan dalam praktik pekerjaan masing-masing, maupun sebagai siswa.

Sebagai Sekolah Multikultural Indonesia, nilai-nilai multikultural baik toleransi, penghargaan, empati, semangat egaliter menjadi hal penting dan difokuskan dalam lingkungan kebhinekaan. Lingkungan yang berbeda budaya, agama, latar-belakang sosial-budaya, cara berpikir, bahkan kemampuan intelektual. Kesadaran akan keberbedaan dan menghargai keberbedaan juga menjadi bagian penting dan perlu dipahami dan diimplementasikan dalam menjalani aktivitas di sekolah.

Pentingnya komunikasi juga menjadi materi dalam kegiatan  workshop ini, bagaimana setiap individu harus mampu menyampaikan pesan atau pikiran secara jelas kepada orang lain, baik melalui komunikasi verbal maupun non-verbal. Komunikasi verbal dalam bentuk lisan maupun tulisan, serta komunikasi non-verbal menggunakan bahasa tubuh seperti gerakan tangan, raut wajah, kepala, melalui tanda, dan lain sebagainya. Kegiatan ini diwujudkan dalam bentuk  peragaan  dan praktik membaca puisi.

Melalui kegiatan workshop ini, diharapkan para peserta khususnya dan seluruh warga sekolah pada umumnya semakin dimantapkan kembali mengenai Visi dan Misi Sekolah, nilai-nilai Ke-BOPKRI-an, nilai-nilai Multikultural, serta mampu mengimplementasikan dalam aktivitas  dan  pekerjaan masing-masing.

Tim Humas

_Maria Rini_


© 2023 SMA BOPKRI 2 Yogyakarta. All Rights Reserved. Powered by Antefer